Cara Membuka Usaha Cuci Motor dan Keuntungannya

Banyak faktor mengapa usaha cuci motor semakin menjanjikan, karena alasan klasik seperti malas dan tidak punya waktu mencuci motor sendiri, sehingga banyak orang yang membawa motornya ke jasa steam untuk mencuci motor. 

Selain itu juga, kehadiran layanan ojek online seperti grab, maxim atau gojek tentu sangat berdampak positif bagi usaha cuci motor.

Karena pasalnya, ojek online harus selalu tampil bersih dan mengkilap agar penumpang merasa nyaman saat menggunakan ojek online, maka mencuci motor sudah menjadi kewajiban para driver ketika motor terlihat sudah kotor.

Apalagi ketika masuk musim hujan tentu hal ini bisa membuat sepeda motor cepat sekali kotor oleh lumpur jalanan, dengan ada nya usaha cucian motor ini sangat menjadi solusi bagi pemilik sepeda motor yang malas mencuci sepeda motornya sendiri dengan begitu usaha sepeda motor dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Usaha cuci motor menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan

Bagaimana tidak, coba anda hitung, untuk modal awal membuka usaha ini sebesar Rp4.500.000 dengan biaya operasional Rp 3.600.000 perbulan (sudah termasuk gaji 1 karyawan). Dengan estimasi 1 hari bisa mencuci 25 motor dengan ongkos Rp8000.

Rincian Biaya Operasional diatas:

  1. Isi ulang salju Rp 400.000
  2. Clear snow shampo Rp 700.00
  3. Obat poles bodi Rp 50.000
  4. Semir poles ban Rp 400.000
  5. Sabun colek Rp 60.000
  6. Air Rp 400.000
  7. Listrik Rp 400.000
  8. Bensin Rp. 75.000
  9. Gaji Karyawan 1 orang Rp 900.000
  10. Biaya lain-lain Rp 200.000
  11. Maka Total : Rp3.600.000

Kemudian, jika dihitung dalam periode 1 bulan anda akan mendapatkan omzet sebesar Rp6.000.000, kemudian dikurangi biaya operasional maka anda bisa mendapatkan keuntungan bersih per bulan Rp 2.400.000 (bagaimana jika anda bisa menyelesaikan lebih dari 25 motor)

Padahal untuk harga di kota-kota besar, satu kali cuci motor bisa Rp.10.000 per motor, bahkan ada yang berani mematok harga lebih.

Jadi, sangat menjanjikan untuk memperoleh keuntung yang besar bukan?

Tips Membuka Usaha Cuci Motor

Namun sebelum Anda terjun, ada baiknya untuk mempelajari dulu cara buka usaha cuci motor yang baik dan pasti menguntungkan.

Agar usaha cuci motor yang anda buka laris dan sukses, maka perlu mempertimbangkan dalam pemilihan tempat atau lokasi yang ingin dijadikan tempat usaha pastinya memilih tempat yang strategis demi kelangsungan usaha cucian motor.

Akan sangat beruntung sekali jika ternyata anda kebetulan telah memiliki rumah di pinggir jalan dan memiliki lahan yang cukup untuk membuka usaha jasa cuci motor ini.

Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki keberuntungan dan kesempatan emas tersebut.

Bagi yang tidak memiliki rumah berhalaman luas dekat jalan raya yang strategis, maka anda dapat menyewa tempat milik orang lain yang ada di pinggir jalan.

Memilih lokasi yang strategis adalah salah satu tips sukses jika ingin membuka usaha cuci motor, maka carilah tempat di pinggir jalan yang ramai dilalui oleh banyak kendaraan.

Usaha cucian motor tergolong usaha yang menawarkan jasa

Maka, jasa yang diberikan harus maksimal dengan begitu anda perlu untuk mempelajari bagaimana cara memberikan pelayanan yang memuaskan ke motor pelanggan seperti mengasai teknik pencucian motor yang bersih dan tidak merusak / lecet bodi kendaraan.

Pengetahuan tentang mesin juga dibutuhkan, agar anda tahu untuk menghindari mesin motor mudah rusak atau berkarat karena tersiram air.

Selain hasil cucian bersih dan mengkilap, sediakan juga ruang tunggu yang nyaman dan tersedia fasilitas WIFI / TV bila perlu. Hal ini harus menjadi perhatian juga, karena siapapun tidak akan pernah suka dengan menunggu.

Jadi buatlah kesan menunggu waktu mencuci motor menjadi nyaman dan menyenangkan, sehingga waktu menunggu terasa cepat berlalu. Selain nyaman, buatlah ruang tunggu semenarik mungkin. Karena siapa tahu ada yang ingin berselfie-selfie ria.

Tips cara sukses membuka usaha jasa cuci motor berikutnya adalah tentukan harga dengan cermat dan tepat. Anda perlu memikirkan patokan harga yang pas, sebanding dengan kualitas hasil cucian dan pelayanan terbaik dari usaha anda.

Anda harus yakin, jika kualitas bagus ditambah dengan harga yang terjangkau akan membuat pelanggan tetap setia untuk kembali mencuci motornya. Bahkan bukan tidak mungkin mereka akan rela mempromosikan usaha anda kepada oranglain. Hal ini bisa dijadikan sebagai bagian dari promosi gratis.

Karena baru memulai, maka anda perlu melakukan promosi.

Misal, setiap pelanggan yang datang diberi kupon. Nantinya setiap kupon terkumpul 10, pelanggan tersebut akan mendapatkan gratis cuci 1x.

Selain membentangkan banner di depan lokasi usaha cuci motor, anda juga perlu melakukan promosi lain, seperti menyebarkan brosur, pamphlet dan memanfaatkan media sosia.

Promosi melalui media sosial seperti Facebook, Blog dan Instagram dinilai lebih efektif mendongkrak usaha mengingat saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi.

Jadi anda perlu menggunakan dengan sebaik-baiknya sebagai salah satu media promosi buka usaha cuci motor.

Itulah beberapa tips dan cara buka usaha cuci motor yang bisa anda jadikan sebagai pedoman menjalankan bisnis servis cuci motor.

Intinya, anda perlu menguasai kemampuan memberikan pelayanan (baik membuat motor bersih ataupun pelayanan ramah, sopan dan ruang tunggu yang nyaman), memilih lokasi yang strategis dan promosi yang komunikatif dan menarik.

Modal Awal Membuka Usaha Cuci Motor yang Sederhana

Untuk membuka usaha tentu membutuhkan modal awal untuk menyiapkan perlengkapannya.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa perlengkapan utama untuk membuka usaha cuci motor yang harus disiapkan.

  • 1 Unit Mesin Cuci Steam (Engine Bravo+ Matrix water Sprayer)
  • 1 unit Tabung Salju Steam 20 L
  • 2 pcs Kanebo
  • 2 pcs Spons
  • 2 pcs lap mikrofiber
  • 1 pcs sabun 5L
  • 1 unit kompressor 1HP Lakoni Imola 125 
  • 1 Semir Ban 1 L 
  • Total : Rp4.500.000 (belum termasuk sewa tempat dan promosi).

Modal yang kami sebutkan diatas, belum termasuk modal untuk mendekorasi tempat, biaya promosi, membuat ruang tunggu, memberikan fasilitas diruang tunggu, dan sebagainya. Modal tersebut hanya untuk mewujudkan usaha cuci motor sederhana dengan budget minimalis.

Baca Juga: Buka Usaha jadi Agen JNE

Leave a Comment