Saat ini banyak orang yang jualan online untuk mendapatkan penghasilan.
Dengan adanya internet siapapun bisa menjual barang atau jasa dengan jangkauan yang lebih luas, dan tentunya memiliki potensi penghasilan yang luar biasa.
Media yang sering digunakan untuk jualan online diantaranya sosial media seperti facebook, whatsapp atau instagram , berjualan lewat marketplace sepeerti shopee dan tokopedia.
kalau di marketplace, penjual cukup membuka toko tanpa pusing mencari pembeli karena memang marketplace berbasis aplikasi sudah banyak penggunanya.
Pengguna marketplace akan mencari produk yang ingin di beli dan biasanya akan membeli barang yang harganya lebih terjangkau, maka persaingan di marketplace adalah dari sisi harga.
Berjualan lewat sosial media lebih sulit dibandingkan berjualan di marketplace, karena penjual dituntut untuk melakukan promosi yang lebih extra dan harus bisa closing ketika ada pembeli yang bertanya.
5 Teknik Closing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan
Closing merupakan sebuah istilah yang dipakai saat jualan online, yang mana pembeli sudah melakukan pemesanan dan menyelesaikan transaksi pembayaran untuk membeli produk atau jasa.
Jadi, ketika ada calon pelanggan yang menghubungi lewat chat messenger atau whatsapp maka admin harus bisa meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Sudah seharusnya pengelola bisnis dan admin memiliki kemampuan atau ilmu khusus agar bisa closing.
Kalau anda berjualan barang maka banyak pembelinya dan kalau anda menawarkan jasa maka banyak yang pesan jasa anda.
Berikut ini merupakan 5 teknik closing yang paling efektif dan bisa anda gunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis yang anda kelola.
1. Gunakan Harga di Coret
Teknik ini digunakan untuk menarik perhatian calon pembeli.
Banyak orang yang tertarik kalau melihat barang yang dijual memiliki harga yang dicoret, karena ini memiliki makna promo.
Harga normal Rp40.000 maka promo menjadi Rp30.000.
Harga dicoret seperti contoh diatas akan memberikan peluang besar, calon pelanggan menghubungi admin untuk menanyakan beberapa pertanyaan seperti:
Apakah promo masih berlaku?
Apakah barang masih tersedia?
Sampai kapan promo berlaku?
dan sebagainya.
2. Tampilkan Testimoni Positif dari Pelanggan Lain
Selain harga dicoret, anda juga perlu mengumpulkan testimoni dari pelanggan lain dalam bentuk tulisan, foto dan video.
Hal ini berguna untuk meningkatkan trust toko sehingga calon pembeli yakin bahwa produk yang dijual memiliki kualitas tinggi dan reputasi toko menjadi baik.
Jangan sungkan untuk meminta testimoni kepada pelanggan-pelanggan anda, kumpulkan sebanyak mungkin testimoni yang nantinya akan bermanfaat untuk prospek bisnis.
3. Stok Produk Terbatas atau Waktu Promosi Terbatas!!
Apabila anda menjual barang maka anda bisa menggunakan metode scarcity yang artinya keterbatasan.
Teknik closing ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan.
Anda bisa atur sendiri tekniknya, bisa stok terbatas atau masa promosi terbatas.
Contoh:
~ Stok sisa 3 lagi, ayo buruan diorder sebelum kehabisan.
~ Promosi ini berlaku untuk anda hari ini, jangan sampai dilewatkan.
4. Berikan Benefit Lebih kepada Pelanggan
Persaingan jualan online cukup ketat, siapa yang lebih murah dia akan jadi pemenang.
Tak hanya itu, berapa besar keuntungan yang akan diberikan pelanggan juga menjadi penentu untuk bisa closing.
Teknik benefit lebih sering digunakan untuk pemain jualan lewat fb ads.
Contoh:
Menjual sebuah jam tangan dengan harga Rp199.000 akan mendapatkan bonus tambahan topi, dompet, ikat pinggang, tas slempang dan sebagainya, buruan!! stok terbatas sampai pukul 23.00 wib.
5. Menganggap sudah Closing
teknik closing selanjutnya yaitu memberikan anggapan bahwa calon pembeli sudah memutuskan untuk melakukan pembelian.
Secara tidak sadar, teknik ini mengarahkan calon pembeli untuk memutuskan membeli.
Sebagai contoh:
“Selamat sore Kak, jam tangannya ready, kakak mau beli warna hitam atau silver?”
Dengan begitu, pembeli akan berfikir pendek dan memutuskan untuk memilih tawaran yang anda berikan.
Kalau calon pembeli sudah memilih, maka selanjutnya anda bisa kejar dengan menanyakan alamat pengiriman dan nomor rekening untuk pembayaran transfer.
Kalau anda melayani COD maka anda cukup menanyakan alamat nya saja.
Begitu pembeli mengirim alamat maka barang langsung dikirim.
Leave a Reply