Home Tabungan Syarat dan Cara Buka Rekening Tabungan Rupiah Bank Mandiri

Syarat dan Cara Buka Rekening Tabungan Rupiah Bank Mandiri

cara buka rekening tabungan di bank mandiri
cara buka rekening tabungan di bank mandiri

Di Indonesia ada banyak orang yang bekerja di perusahaan swasta, biasanya perusahaan tersebut mengharuskan seluruh karyawannya untuk memiliki rekening pribadi, yang akan digunakan untuk menerima gaji.

Salah satu rekening yang sering digunakan untuk menerima gaji para karyawan adalah rekening tabungan rupiah bank mandiri.

Apakah anda termasuk karyawan yang harus punya rekening mandiri? atau memang anda ingin membuka rekening untuk keperluan bisnis dan lain sebagainya, simak penjelasan dari kami bagaimana cara membuka rekening di bank mandiri.

Untuk membuka rekening tabungan di bank mandiri, ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan, sebelumnya tentukan dulu jenis tabungan apa yang akan digunakan, misalnya tabungan rupiah mandiri.

Apabila anda memilih untuk membuka rekening tabungan mandiri, maka anda bisa terus membacara artikel ini sampai selesai, karena terdapat langkah-langkah yang harus anda ikuti.

Pertama adalah anda harus datang ke kantor Bank mandiri, yakni kantor cabang yang berada di daerah anda, tentunya disesuaikan dengan alamat domisli sesuai KTP tempat tinggal anda.

Anda tidak bisa membuka rekening di semua kantor cabang Mandiri, walaupun bank mandiri ini telah memiliki cabang di seluruh Indonesia, harus menyesuaikan domisili masing-masing, kecuali bagi pekerja.

Tahap selanjutnya adalah setelah sampai di kantor mandiri anda harus menemui penjaga keamanan dan mengatakankeperluan anda, bahwa anda ingin membuka rekening baru.

Dengan begitu anda akan dibantu petugas keamanan (satpam) untuk memeriksa kelengkapan persyaratan untuk buka rekening tabungan di bank mandiri.

Mungkin anda bertanya, apa saja persyaratannya?

  1. Membawa KTP / Identitas
  2. Membawa NPWP
  3. Membawa Setoran Awal Rp500.000

Jika dokumen persyaratan sudah lengkap maka anda akan diberikan arahan untuk menunggu dan akan diberi nomor antrian dalam memproses rekening baru tersebut.

Jika nomor antrian anda di panggil maka anda akan di arahkan langsung untuk menuju sumber suara atau langsung menuju ke customer service, dengan begitu maka giliran anda untuk memproses rekening baru pun sudah tiba.

Tahap selanjutnya adalah anda akan dihadapkan dengan petugas customer service yang akan melayani anda dalam mengajukan permohonan buka rekening, anda harus mengikuti dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dari customer service yang sedang berhadapan dengan anda.

Apabila anda kurang mengerti apa maksud dari pertanyaan yang diajukan dari customer service maka anda janagn sungkan untuk bertanya kembali mengenai pertanyaan tersebut, selain itu anda juga akan dijelaskan tentang beberapa tipe tabungan mandiri.

Karena tabungan mandiri ada 9 tipe tabungan:

  1. Rekening Tabungan Rupiah,
  2. Tabungan Bisnis Mandiri
  3. Tabungan Rencana Mandiri
  4. Tabungan Investor
  5. Tabungan Haji Mandiri
  6. Tabungan Valas
  7. Tabungan TKI Mandiri
  8. Tabunganku dan Tabunganmu

Dari beberapa daftar jenis tabungan tersebut masing-masing tipe akan dijelaskan oleh Customer servise dan anda dapat memilih tipe tabungan mana yang sesuai dengan kebutuhan transkasi anda.

Setelah anda memilih tipe tabungan yang anda buka, maka costumer service akan memberikan formulir dimana formulir tersebut akan diisi oleh anda, serta anda akan diminta menyerahkan beberapa kelengkapan persyaratan.

Saat mengisi formulir tersebut, jika ada sesuatu yang kurang faham atau mengerti sebaiknya langsung tanyakan kepada custumer service yang sedang melayani anda.

Selain anda menunjukkan yang asli anda juga harus membawa fotocopy Kartu identitas anda yaitu KTP dan NPWP.

Jika anda membuka rekening tabungan di kantor cabang yang tidak sesuai dengan domisili maka anda perlu melampirkan surat keterangan kerja dari kantor tempat anda bekerja.

Setelah semuanya selesai yakni Formulir sudah diisi dan syarat-syarat sudah ditunjukkan maka tunggulah proses yang sedang dilakukan oleh petugas, sampai buku tabungan dan kartu ATM anda sudah jadi.

Setelah buku tabungan anda sudah jadi anda harus menandatangani buku tabungan dan ATM tersebut, anda juga harus menyiapkan setoran awal sebesar Rp 500000 sebagai awal pembukaan buku tabungan anda.

Dengan begitu rekening anda sudah selesai dibuat.

Selain kartu ATM, mumpung masih berada di kantor bank mandiri maka sebaiknya anda mengaktifkan beberapa fitur layanan transaksi seperti Internet banking, mobile banking, dan sms banking.

Barangkali fitur tersebut dibutuhkan untuk mendukung transaksi anda, biar ga bolak-balik lagi datang ke kantor cabang Mandiri, demikian – semoga bermanfaat.

Penulis: Desti Nurtiasih
Editor: Adwa Rafania
Sumber: Mandiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here