Home Tabungan Cara Membuka Rekening Tabungan Emas Pegadaian

Cara Membuka Rekening Tabungan Emas Pegadaian

cara buka rekening tabungan emas pegadaian
cara buka rekening tabungan emas pegadaian

Banyak sekali cara yang memudahkan anda untuk menabung.

Tabungan selain untuk berjaga-jaga karena suatu saat dibutuhkan, tabungan juga bisa menjadi tabungan masa tua ataupun masa depan mempersiapkan akan hari esok berjaga-jaga jika terjadi sesuatu atau kita menginginkan sesuatu.

Di sisi lain tabungan juga bisa menjadi suatu investasi yang menguntungkan bagi kita, asalkan kita tahu bagaimana cara menabung yang tepat.

Menabung yang tepat adalah menabung dalam bentuk emas, yang artinya anda berinvestasi emas untuk menjaga ekonomi tetap stabil dan tidak tergerus inflasi mata uang ketika anda menabung dalam bentuk uang.

Kini Pegadaian hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan solusi terbaik untuk menabung dalam bentuk emas, dimana pegadaian telah menyiapkan produk khusus berupa tabungan emas yang dapat dibuka oleh siapa saja.

Secara kegiatan menabung yang dilakukan di tabungan emas pegadaian tidak jauh berbeda dengan bank-bank pada umumnya, hanya saja yang bikin berbeda adalah cara kerja tabungannya.

Yaitu jika anda menabung di bank biasa hanya menyetorkan uang tunai lalu di proses dan dimasukan ke rekening dalam bentuk uang digital, tapi kalau menabung di tabungan emas pegadaian anda tetap menyetorkan uang tunai tapi akadnya membeli emas, sehingga yang tercatat di tabungan adalah ukuran emas.

Ketika harga emas naik secara tidak langsung anda akan memiliki nilai emas yang sama dengan harga pada saat ini. Kalau anda menabung uang 100.000 dalam bentuk uang maka uang anda di rekening tetap 100.000 walaupun harga emas naik, tapi kalau nabung emas maka ketika emas naik maka artinya nilai investasi anda naik juga.

Tabungan emas pegadaian merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan. Anda yang membeli sejumlah emas atau disebut sebagai nasabah bisa menitipkannya di pegadaian.

Tabungan seperti ini biasanya disebut juga sebagai investasi emas.

Bisa disebut investasi karena harga emas yang cenderung naik dan tahan terhadap inflasi, oleh karenanya tabungan emas pegadaian ini cocok untuk anda sebagai investasi jangka menengah hingga jangka panjang.

Cara membuka tabungan emas pegadaian :

Kami akan menjelaskan bagi anda yang tertarik untuk membuka tabungan emas.

Sebelum anda datang ke kantor cabang pegadaian, maka anda harus menyiapkan beberapa persyaratan yang diperlukan terlebih dulu.

Persyaratan Membuka Tabungan Emas Pegadaian :

  1. Membawa Kartu Identitas / KTP,
  2. Membawa Kartu Keluarga (KK),
  3. Biaya administrasi sebesar Rp10.000,
  4. Biaya Fasilitas 12 Bulan Rp30.000
  5. Membeli emas minimal 0.01 gram
  6. Materai 6000

Setelah syarat diatas lengkap.

Silahkan anda harus datang cabang kekantor pegadaian sesuai dengan wilayah domisili anda, setelah itu ambil nomor antrian sampai giliran anda dilayani petugas untuk membuka tabungan emas.

Setelah anda berhadapan dengan costumer service maka akan ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan dan memeriksa kelengkapan persyaratan anda, perlu diingat selain anda membawa yang asli anda juga harus memfotocopy semua pesyaratan anda.

Setelah semua persyaratan anda dinyatakan sudah lengkap maka anda akan diberikan formulir untuk diisi sesuai dengan identitas anda dan petugas akan memproses pembukaan rekening tabungan emas.

Jika anda tidak mau datang kekantor untuk melakukan pengisian buku rekening anda bisa melakukan pengisian data pribadi secara online dengan cara mengunduh aplikasi digital di Google Play Store, dan untuk mengurus proses administrasi anda tetap harus datang kekantor cabang yang anda pilih.

Karena dikantor pegadaian tetap membutuhkan anda kehadiran anda secara fisik untuk memastikan bahwa yang mendaftar adalah betul-betul anda.

Untuk penyetoran awal bisa dilakukan secara transfer ke rekening virtual account pegadaian yang telah disediakan (perlu diingat bahwa nomor virtual account memiliki kadaluarsa).

Tidak pernah Menabung, apakah saldo emas akan hilang?

Tidak, saldo emas akan tetap ada di rekening tabungan emas anda, selama saldo emas anda masih mencukupi untuk membayar biaya fasilitas penitipan Rp30.000,- per tahun. Namun, apabila ternyata saldo emas tidak cukup maka rekening tersebut otomatis ditutup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here